Dalam upaya meningkatkan mutu lulusan, Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) melaksanakan Benchmarking kurikulum berkolaborasi dengan Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Sriwijaya (UNSRI) pada Jumat, 29 November 2024. Kegiatan strategis ini dihadiri oleh Dekan FKIP UPGRIP Assoc. Prof. Dra. Misdalina, M.Pd., Dr. Nyiayu Fahriza Fuadiah, M.Pd. (Tim Kurikulum), Allen Marga Retta, M.Pd. (Ketua Prodi Pendidikan Matematika UPGRIP), Dra. Lusiana, M.Pd. (Tim Kurikulum), dan Dr. Eka Fitri Puspa Sari, M.Pd. (Anggota GPM FKIP). Dekan FKIP UPGRIP, Assoc. Prof. Dra. Misdalina, M.Pd., menjelaskan bahwa benchmarking merupakan langkah pembandingan standar, baik secara internal maupun eksternal, untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan sesuai kebutuhan pemangku kepentingan. “Melalui kegiatan ini, kami berharap dapat merancang penyelenggaraan pendidikan tinggi yang lebih matang, terencana, dan berkelanjutan,” ungkapnya.
Ketua Prodi Pendidikan Matematika UPGRIP, Allen Marga Retta, M.Pd. menambahkan bahwa tujuan utama dari benchmarking ini adalah untuk mendapatkan masukan yang berharga dalam menyusun kurikulum yang mampu mendukung pencapaian visi dan misi program studi. “Kami ingin menghasilkan kurikulum yang berkarakter, berbasis mutu, dan selaras dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, serta budaya lokal,” tuturnya. Dalam kegiatan ini, benchmarking difokuskan pada upaya merumuskan kurikulum yang sesuai dengan regulasi terbaru, yakni Permenristekdikti Nomor 53 Tahun 2023 dan relevan dengan kebijakan universitas maupun fakultas.
Selain itu, kurikulum diharapkan memiliki keunggulan dan distingsi yang mencerminkan visi keilmuan program studi serta memenuhi kebutuhan stakeholder. Proses benchmarking dilakukan melalui diskusi intensif (Focus Group Discussion, FGD) antara tim kurikulum UPGRIP dan Prodi Pendidikan Matematika UNSRI. Beberapa topik utama yang dibahas meliputi capaian pembelajaran, bahan kajian, program learning outcome, struktur kurikulum, dan aspek-aspek lain terkait penyempurnaan kurikulum. Tim juga berkesempatan untuk melihat langsung fasilitas pembelajaran UNSRI, termasuk ruang multimedia, sebagai sumber inspirasi untuk meningkatkan mutu pendidikan di UPGRIP.
“Melalui kegiatan ini, kami optimis dapat menghasilkan kurikulum yang lebih berkualitas dan relevan, sehingga lulusan kami memiliki kompetensi unggul dan mampu bersaing di dunia kerja,” ujar Allen Marga Retta, M.Pd. Kegiatan benchmarking ini juga melibatkan pihak UNSRI yang diwakili oleh Kodri Madang, M.Si., Ph.D. (Ketua Jurusan Pendidikan MIPA UNSRI), Weni Dwi Pratiwi, M.Pd., M.Sc. (Kaprodi Pendidikan Matematika UNSRI), Prof. Dr. Yusuf Hartono, M.Sc., Cecil Hiltri Martin, M.Si., Ph.D., Dr. Somakin, M.Pd., dan Dr. Ely Susanti, M.Pd. Adanya kolaborasi ini, diharapkan Prodi Pendidikan Matematika UPGRIP dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi nyata dalam mencetak generasi unggul yang siap menjawab tantangan zaman.