Palembang, (26/10/24)– Program studi pendidikan matematika kembali menghadirkan acara akademik penuh wawasan. Setelah pada tanggal 16 Oktober 2024 menyelenggarakan kuliah umum dengan tema “Inovasi Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning” kini pada tanggal 26 Oktober 2024 program studi pendidikan matematika menyelenggarakan kuliah umum dengan tema “Inovasi Pembelajaran Berbasis Project Based Learning” di Aula Ali Latief Gedung C Universitas PGRI Palembang. Acara ini mendatangkan narasumber ternama yakni Prof. Turmudi, M.Ed, M.Sc, Ph.D, seorang dosen pendidikan matematika dari Universitas Pendidikan Indonesia.
Kegiatan ini diharapkan dapat menginspirasi para pendidik dan calon guru untuk meningkatkan keterlibatan mahasiswa melalui pendekatan berbasis proyek yang mendorong kreativitas, kolaborasi, dan keterampilan pemecahan masalah. Rektor UPGRIP Assoc. Prof. Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., diwakili oleh Wakil Rektor 1 Assoc. Prof. Dr. Dessy Wardiah, M.Pd. dan didampingi oleh Wakil Rektor III Assoc. Prof. Drs. Sukardi, M.Pd . menghadiri kuliah umum ini. Kuliah umum juga dihadiri Dekan FKIP Universitas PGRI Palembang, Assoc. Prof. Dra. Misdalina., M.Pd, PLT. Wakil Dekan I FKIP, Dr. Nyiayu Fahriza Fuadiah., S.Si., M.Pd., Wakil Dekan III FKIP, Dr. Muhammad Idris., M.Pd, dan ketua program studi pendidikan matematika, Allen Marga Retta., M.Pd. Para dosen serta mahasiswa pendidikan matematika UPGRIP pun menjadi bagian dalam kuliah umum.
Prof. Turmudi menjelaskan bagaimana penerapan Project Based Learning (PJBL) dalam pembelajaran. Inti dari Project Based Learning sebagai berikut:
- Berorientasi pada Masalah: Pembelajaran dimulai dengan identifikasi masalah yang relevan dan mendasar.
- Kolaborasi dalam Perencanaan Proyek: Mahasiswa bersama dosen menyusun desain proyek yang mencakup aturan kerja, jadwal aktivitas, dan tujuan proyek.
- Pelaksanaan dan Pemantauan: Proses pengerjaan proyek dipantau secara aktif untuk memastikan kelancaran dan hasil yang optimal.
- Hasil Proyek dan Refleksi: Mahasiswa mempresentasikan hasil proyek, diikuti evaluasi dan refleksi untuk meningkatkan pemahaman mereka.
Dosen pendidikan matematika Universitas PGRI Palembang pun tak ketinggalan untuk menerapkan model pembelajaran ini untuk siswa yakni menggabungkan model ini dengan teknologi untuk membuat pembelajaran lebih relevan di era digital. Kuliah umum ini juga menekankan pentingnya adaptasi teknologi, sehingga siswa tidak hanya belajar konsep matematika tetapi juga mengembangkan produk aplikatif. Hasilnya, lulusan diharapkan memiliki keterampilan yang siap bersaing di dunia kerja yang terus berubah. Metode PjBL terbukti mendorong kreativitas dan motivasi siswa, menjadikan mereka lebih aktif dan terlibat dalam pembelajaran. Jika diterapkan secara konsisten, model ini dapat menjadi fondasi pembelajaran yang inovatif dan relevan.